Ide Kreatif Kegiatan Pendidikan Anak Di Rumah

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang menerapkan sistem WFH atau work from home secara bergantian untuk para karyawannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerumunan di tempat kerja. Berbagai kegiatan seperti belajar di situs pembelajaran PPKN pun bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang orang tua bersama anak.

Saat ini, ada berbagai macam kegiatan bisa orang tua coba agar bisa memanfaatkan waktu luang bersama anak. Ditambah lagi, bagi para orang tua yang bekerja dari Senin sampai Jumat hanya bisa menghabiskan waktu akhir pekan saja untuk bisa bermain dan belajar bersama anak. Jika bukan karena Covid-19, sulit bagi orang tua membagi waktu untuk bisa lebih dekat bersama si kecil.

Manfaatkan Waktu Di Rumah Dengan Belajar Bersama

Adanya wabah virus juga tidak hanya berdampak pada hari kerja bagi pada orang tua, namun juga pada jam belajar anak. Sekolah yang ditutup mengharuskan anak untuk bisa belajar secara daring atau online. Akan tetapi, belajar di rumah juga menuntut orang tua untuk ikut berperan aktif sebagai guru pengganti selama di rumah. Apalagi untuk anak-anak yang masih berada di kelas kecil yang belum bisa menggunakan gadget sepenuhnya, orang tua harus bisa mendampingi mereka.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua selama menemani anak belajar daring di rumah seperti:

  • Membuat jadwal tetap layaknya jam belajar sekolah

Meskipun dilakukan di rumah, orang tua wajib memberikan jam tetap belajar seperti halnya belajar di sekolah. Hal ini dilakukan agar anak disiplin waktu dan selalu bangun tepat waktu di pagi hari.

  • Memberikan waktu istirahat di sela-sela belajar

Seperti halnya sekolah konvensional, memberikan waktu istirahat juga penting agar anak tidak bosan dan mengantuk selama belajar.

  • Memberikan tugas dan latihan yang cukup

Tugas dan latihan diberikan untuk mengetahui apakah anak paham terhadap materi yang diberikan oleh guru atau orang tua atau tidak. Berikanlah tugas dan latihan yang cukup agar anak tidak stres.

Menggunakan Waktu Luang Untuk Melakukan Hobi

Selain digunakan untuk belajar, waktu luang selama WFH bisa dimanfaatkan untuk melakukan hobi bersama anak. Penting untuk orang tua memilih hobi yang bisa dilakukan di rumah saja.

  • Memasak makanan favorit bersama anak

Kegiatan memasak memang menjadi salah satu yang menarik bagi anak. Anak akan merasa senang saat orang tua bisa mengajaknya bergabung dan ikut membantu memasak bersama. Buatlah masakan favorit yang disukai anak agar anak lebih antusias dalam membuatnya.

  • Membersihkan dan menghias kamar tidur

Jika biasanya membersihkan kamar dilakukan hanya oleh orang tua, buatlah agar anak mulai belajar untuk membersihkan  kamar sendiri. Ajari anak untuk melipat selimut dan menempatkan bantal sesaat setelah bangun tidur. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan menghias kamar agar semakin menambah suasana ceria. Biarkan anak untuk memilih dekorasi seperti apa yang mereka inginkan.

  • Membuat mainan DIY dari bahan tidak terpakai

Jika dibandingkan dengan membeli mainan baru yang harganya cukup mahal, orang tua bisa memanfaatkan barang bekas atau tak terpakai untuk membuat mainan bersama anak. Ada banyak pilihan mainan yang bisa dibuat dengan mencontohnya dari berbagai konten YouTube saat ini. Jadi, tidak hanya memanfaatkan waktu WFH untuk belajar dari PPKN.CO.ID saja, anak bisa tetap merasa senang untuk bermain bersama orang tua di rumah.

May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31