Hal yang Harus Disiapkan Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru tentu impian banyak orang. Karena bangku kuliah merupakan langkah awal untuk merintis karir yang kita inginkan. Namun ternyata rasanya kuliah dan SMA itu berbeda. Jadi kita harus bisa beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

Sebelum masuk di bangku perkuliahan, ada kalanya kamu mengerti apa saja yang perlu kamu siapkan agar masa kuliahmu menyenangkan dan bisa cepat lulus. Avanda Alvin akan memberikan tips mengenai beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

Memilih Jurusan Kuliah Yang Kamu Inginkan

Saat SMA, kamu harus memikirkan akan melanjutkan kuliah di jurusan dan universitas mana. Pentingnya memiliki kampus dan jurusan impian, akan membuatmu lebih semangat ketika akan tes masuk kuliah.

Jadi kamu harus memiliki jurusan favorit yang kamu inginkan. Pilihlah jurusan kuliah yang menurutmu memiliki prospek bagus kedepannya. Dan yang terpenting, kamu sangat mengidamkan jurusan itu.

Karena dengan kamu memiliki jurusan dan kampus impian, maka kamu akan lebih ekstra belajar agar bisa lolos ke kampus yang diinginkan.

Persiapan Menjadi Mahasiswa Baru

Setelah berhasil lolos ke perguruan tinggi impianmu, maka selanjutnya adalah persiapkan segala sesuatunya. Lalu apa saja yang harus kita siapkan? Berikut ini daftarnya:

  1. Mental

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah mental. Ketika masuk ke perguruan tinggi, kamu tidak akan mendapatkan kehidupan senyaman saat SMA. Kamu tidak akan mendapatkan jadwal kuliah yang pasti seperti saat SMA.

Kamu akan bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kampusmu.

  1. Gadget

Saat memulai pembelajaran di perkuliahan, gadget adalah hal yang paling penting. Belilah laptop atau gadget yang mendukung perkuliahanmu. Karena kamu akan mendapatkan banyak tugas dan membutuhkan laptop.

Jika kamu masuk ke jurusan seni atau multimedia, maka kamu juga harus memiliki laptop yang lebih canggih. Agar kuliah dan tugas-tugasmu tetap lancar.

  1. Buku Catatan

Avanda Alvin menyarankan mahasiswa juga tetap butuh buku catatan. Meskipun dosen akan memberikan referensi melalui Power point, namun kamu harus tetap mencatatnya. Percayalah apa yang kamu catat akan lebih mudah diingat dan dipelajari ketimbang membaca Power point.

  1. Kos-kosan

Buat kamu yang diterima di kampus impianmu tetapi jauh dari rumah. Pastinya kamu harus mencari kos-kosan. Carilah kos yang dekat dengan kampus, agar bisa irit biaya transportasi.

Carilah kos yang memiliki fasilitas pendukung seperti wifi, kamar mandi, dapur dan sistem keamanan yang baik. Karena ketika kamu mulai hidup menjadi anak kos, maka yang mengawasimu adalah dirimu sendiri.

  1. Perabotan Kosan

Setelah dapat kamar kos, maka selanjutnya kamu harus membeli barang-barang. Biasanya kosan sudah menyediakan kasur dan lemari. Maka kamu tinggal beli perabotan lain seperti alat mandi, piring, gelas, galon dan stok makanan.

  1. M-Banking

Pentingnya memiliki m-banking agar kamu tidak perlu repot keluar kosan hanya untuk transfer. Lebih cepat dan efisien.

  1. Pakaian Untuk Kuliah

Banyak yang bilang kuliah itu enak karena bisa pakai baju bebas. Namun kamu harus menyiapkan baju semi formal seperti hem, rok, blazer.

  1. Dana Darurat

Setelah menjadi mahasiswa dan kamu hidup di kosan. Maka kamu harus menyiapkan dana darurat, agar jika ada kejadian tidak terduga kamu sudah memiliki simpanan sendiri.

Itulah 8 tips dari Avanda Alvin bagi para mahasiswa baru. Siapkan satu per satu agar kuliahmu menyenangkan dan kamu bisa cepat lulus.

May 2021
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31