7 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif

Duduk santai dan berleha-leha di rumah adalah dambaan setiap orang. Bagi ibu rumah tangga, duduk santai di rumah mungkin adalah hal yang membosankan. Mereka setiap hari mengurus rumah, anak dan suami. Ibu rumah tangga sering dipandang sebagai kelompok yang tidak memiliki penghasilan dan tidak bisa membantu perekonomian keluarga.

Saatnya Ibu Rumah Tangga Punya Bisnis!

Ditengah kemajuan teknologi yang semakin pesat, peningkatan kebutuhan dan peningkatan harga juga terus melaju. Setiap ibu rumah tangga tentu tidak tega jika hanya melihat suami yang bekerja banting tulang untuk mencari nafkah. Lalu, bisnis rumahan apa yang kira-kira cocok bagi ibu rumah tangga? Sudah saatnya para ibu rumah tangga memiliki sebuah bisnis atau pekerjaan sampingan. Tentunya pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah.

Usaha Rumahan Di Zaman Milenial

Berikut beberapa usaha rumahan kreatif di zaman serba milenial:

  1. Katering

Bisnis katering adalah bisnis yang paling cocok untuk ibu rumah tangga, khususnya bagi ibu-ibu yang senang masak. Bisnis ini sangat fleksibel dijalankan. Bisnis katering dijalankan dengan sistem pesanan atau pre order. Jadi, Anda hanya akan bekerja ketika ada pesanan. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memulai dari usaha katering sederhana.

  1. Warung makan

Membuka warung makan adalah usaha yang cocok bagi Anda yang bermukim di area perkotaan khususnya untuk area perkantoran, proyek dan sekolah. Di lokasi tersebut, akan banyak karyawan, pekerja dan pelajar atau mahasiswa. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk membuka warung makan sederhana.

  1. Menjahit

Membuka usaha jahit adalah salah satu usaha yang sangat berpeluang besar di zaman milenial ini. Kebutuhan dan perkembangan fashion yang sangat pesat saat, membuat penjahit-penjahit tanah air dituntut untuk semakin kreatif. Bagi Anda yang senang menjahit, perdalam hobi Anda agar menjadi penjahit profesional.

  1. Guru les

Saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang sebenarnya seorang sarjana. Mereka lebih memilih untuk menjadi ibu rumah tangga bukan karena alasan tidak ada lapangan pekerjaan, melainkan ada berbagai faktor lain yang mempengaruhinya. Jika dipikir-pikir, sayang sekali ilmunya bukan? Untuk itu, sembari memanfaatkan ilmu yang diperoleh, Anda bisa membuka privat les di rumah. Saat ini banyak sekali pelajar yang membutuhkan les tambahan. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menambah penghasilan.

  1. Blogging

Blogging adalah salah satu usaha kreatif rumahan yang bisa dilakukan siapa saja. Bisa suami, istri maupun anak. Anda bahkan bisa menjadikan usaha ini adalah usaha keluarga. Namun, seorang bloger dituntut bisa menulis, kreatif dan inovatif. Jika banyak yang mengunjungi blog Anda, rupiah-rupiah yang terkumpul juga semakin banyak.

  1. Sewa kamar

Usaha sewa kamar yang dimaksud adalah menyewakan kamar kepada pelancong hanya pada beberapa hari. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah di daerah wisata, kota besar dan tempat-tempat penting di Indonesia. Jika Anda memiliki banyak kamar, Anda bisa memanfaatkan kamar tersebut untuk disewakan kepada wisatawan. Eits, jangan salah, keuntungan yang diperoleh sangatlah besar.

  1. Toko roti

Membuka usaha bakery di rumah sebenarnya gampang-gampang susah. Terlebih lagi saat ini banyak sekali toko bakery yang menyajikan kue-kue sangat enak dan menggiurkan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha bakery di rumah, harus bisa membuat inovasi terbaru dan perbedaan dengan toko kue pada umumnya.