5 Ide Kota Liburan di Indonesia

Indonesia memang sangat menakjubkan akan berbagai macam pesonanya, maka dari itu Indonesia tidak akan pernah ada habisnya untuk selalu kalian eksplorasi. Selain itu banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa kalian pilih untuk melakukan liburan. Berbicara mengenai liburan tentu semua orang ingin merasakannya namun sayang tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berlibur ke suatu kota karena beberapa alasan termasuk biaya.

Kota Dengan Biaya Liburan Murah

Tidak dipungkiri biaya menjadi salah satu masalah bagi kalian yang ingin berlibur. Namun tenang saja bagi kalian yang memiliki uang pas-pasan tetap bisa melakukan liburan dengan menyenangkan. Berikut ini ada beberapa kota di Indonesia yang sangat cocok untuk ide liburan kalian dan tentunya tidak membuat kantong menjadi kering.

  • Yogyakarta

Salah satu kota yang bisa menjadi tujuannya yaitu Yogyakarta dimana kota yang satu ini sangat terkenal akan berbagai macam tempat wisatanya. Tidak mengherankan kalian akan banyak menemukan banyak tempat wisata di Indonesia salah satunya di Yogyakarta ini. Berbagai macam tempat wisata tersedia mulai dari wisata sejarah, alam dan lainnya. Selain itu harga makanan disana juga tergolong murah dan untuk masalah transportasi umum disana sangat mudah serta murah terlebih lagi dengan adanya bus trans. Berapa tempat yang terkenal disana yaitu Candi Prambanan, Taman Sari, Tugu Yogya dan lainnya.

  • Pulau Tidung

Untuk kalian warga Jakarta yang butuh hiburan namun ingin merasakan suasana yang berbeda jauh dari perkotaan, tempat yang bisa kalian coba yaitu Pula Tidung. Pulau tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang masuk ke dalam bagian Kepulauan Seribu sehingga lokasinya tidak terlalu jauh dengan Jakarta. Pantai disana memiliki pasir putih yang indah serta mata kalian akan dimanjakan dengan hamparan laut yang luas. Jika kalian ingin mendapat biaya yang lebih murah kalian bisa pergi kesana secara rombongan.

  • Madura

Bila kamu memiliki banyak waktu dan ingin mengeksplore tempat baru maka Madura adalah salah satu pilihannya. Terdapat banyak tempat wisata di Indonesia yang ada disana selain itu kuliner di Madura juga murah dan beberapa kuliner yang bisa dicoba seperti kaldu kokot, rujak dulit dan lainnya. Walaupun jarak antara satu tempat wisata dengan tempat lainnya lumayan jauh namun tidak ada salahnya kalian coba kunjungi.

  • Solo

Salah satu kota yang bisa kalian kunjungi lainnya yaitu Solo dimana kota ini juga menjadi pusatnya pelajar sehingga biaya hidup disana tergolong murah. Sama dengan Yogya disana juga tersedia bus trans yang memudahkan transportasi. Adapun  beberapa tempat menarik yang bisa kalian kunjungi seperti kebun Binatang Taru Jurug, Museum Radya Pustakan dan masih banyak tempat lainnya.

  • Malang

Kota lain yang bisa kalian kunjungi untuk berlibur yaitu Malang dimana banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa tempat tersebut seperti pantai, museum, alun-alun dan masih banyak lainnya. Disana juga tersedia berbagai macam kuliner yang siap memanjakan perut kalian maka jangan ragu lagi untuk datang kesana.

Trik Liburan Lebih Murah

Jadi itulah beberapa kota yang bisa kalian kunjungi untuk melakukan liburan. Beberapa kota diatas tidak akan membuat kantong kalian jebol ketika berkunjung kesana. Sebenarnya untuk urusan murah atau mahal itu berbeda antara satu orang dengan lainnya. Untuk mendapatkan biaya liburan yang murah sebenarnya kalian bisa bermain di penginapan, transportasi dan juga tempat wisata yang dikunjungi. Jika kalian membawa kendaraan pribadi tentu akan lebih murah dibandingkan dengan naik transportasi umum jika pergi secara rombongan. Untuk penginapan jika kalian memiliki saudara tentu kalian bisa menginap secara gratis. Namun jika tidak memiliki saudara maka kalian bisa mencari penginapan murah, terlebih lagi sekarang sudah  tersedia aplikasi untuk memudahkan kalian mencarinya.

Sebelum melakukan liburan sebaiknya kalian persiapkan secara matang tempat mana saja yang ingin kalian kunjungi. Kalian bisa memutuskan dari kota mana yang ingin dikunjungi kemudian baru mencari tempat wisata di Indonesia apa saja yang ada disana. Persiapkan jauh hari agar hasilnya bisa lebih maksimal dan liburan kalian bisa berjalan dengan lancar. Terlebih lagi jika kalian akan pergi dengan jumlah orang yang tidak sedikit maka segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang.